Canvas

Kain Kanvas – Kain kanvas merupakan jenis kain yang memiliki serat tebal serta sifatnya sangat kuat. Awalnya, kanvas lebih banyak digunakan untuk melukis. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bahan ini semakin berkembang penggunaannya menjadi bahan dasar untuk tas, sepatu, jaket, bahkan berbagai macam aksesoris. Tak heran, karena kain kanvas ketebalannya sempurna untuk dimodifikasi.CANVAS TEBAL Karena sifatnya yang keras dan kaku, kanvas tebal paling banyak digunakan untuk membuat totebag, s..

Katun

Kain katun (cotton) adalah jenis kain yang dsebut berbahan serat alami atau sering dikenal dengan serat kapas yang berasal dari binatang dan tumbuhan.Katun JepangKatun jepang/osaka umumnya adalah istilah untuk jenis bahan yang terbuat dari combed   cotton.Katun SakuraKain ini cocok untuk pakaian, hijab, selimut bayi, seprai, bantal bayi, guling bayi, bantal dewasa, guling dewasa, apron menyusui, dan aplikasi lainnya. Kain ini cocok untuk aplikasi warna-warna cerah. Untuk warna lebih ge..

Satin

SATIN VELVETKain ini paling favorit untuk aplikasi hijab / scarf / pashmina, gamis, dan aplikasi fashion lainnya dari baju atasan, long dress, dasi, pita, gaun, dan lain-lain. Untuk hijab yang mudah dibentuk, satin velvet dan satin hermes adalah pilihan favorit. Di dunia art and craft, satin velvet banyak digunakan untuk twilly, dust bag, dan bantal karakter. Sifatnya yang lembut membuat saat dijahit relatif dapat mengikuti bentuk boneka di kelas kain satin. Satin velvet juga paling banyak digun..

Voal (Voile)

Voal BandungKain untuk hijab / scarf / pashmina, cocok buat pengguna hijab yang aktif dan penggunaan sehari-hari. Kain voal yang satu ini memiliki slub di permukaannya. Finishing tidak halus seperti ini disengaja untuk memberikan kesan serupa dengan katun.Voal TurkiKain untuk hijab / scarf / pashmina, cocok buat pengguna hijab yang aktif dan penggunaan sehari-hari. Kain ini lembut, tidak panas, dan sangat nyaman digunakan.  Selain teksturnya halus, Turkish Voile ini saat dicetak pada bagian..

Scuba (Neoprene)

Scuba adalah jenis kain yang nyaris sempurna. Scuba adalah jenis kain rajut ganda yang merupakan perpaduan bahan polyester dan likra atau spandeks. Secara umum bersifat lentur dan menempel di badan. Kain scuba berupa benang filamen yang sangat halus dan dirajut secara padat menghasilkan kain halus dan lembut. Scuba merupakan 90% polyester (polyster fabric), campuran nilon dan spandek. Sifat bahan lentur 2 arah dan spongy (berisi dan kenyal). Karakteristik lain dari kain scuba adalah memilik..

Jersey

Kain jersey adalah jenis kain rajut yang dibuat dari kombinasi bahan sintetis dan bahan katun. Kain jersey berasal dari suatu daerah bernama Pulau Jersey yang ada di antara negara Prancis dan Inggris.. Tidak hanya dapat diregangkan, kain ini memiliki tekstur permukaan yang tak berbulu, lebih halus dan tebal ketimbang jenis kain spandek lainnya.Dengan sifat kain yang mudah mengikuti bentuk tubuh pengguna, sangat disarankan bagi wanita yang membeli gamis dari bahan kain jersey untuk mencari y..

Chiffon

Kain sifon atau chiffon adalah kain yang dibuat dengan mesin tenun yang menggunakan tehnik tenun balanced plain weave, dengan pola criss cross sehingga kain akan memiliki pola kotak kotak. Tehnik tenun balanced plain weave bisa diartikan struktur benang pembentuk kain memiliki berat dan jumlah yang sama setiap inchinya. Jadi kesimpulannya sifon adalah tehnik pembuatan kain. Untuk benang atau bahan serat yang dipakai bermacam macam misalnya benang katun, benang rayon, dan seterusnya, yang memili..

Organdi

Kain organdi adalah kain yang memiliki karakter mengkilap (glowing) seperti bahan satin namun kain ini transparan seperti mika.Kain organdi lebih banyak digunakan untuk bahan variasi pakaian seperti baju anak, baju pesta ulang tahun atau gaun pernikahan. Kain ini cocok untuk aplikasi fashion, bendera, veil, pelengkap gaun pesta, aksen lengan baju, dan lain-lain. Selain untuk fashion, kain ini juga digunakan oleh banyak desainer interior. Salah satu pemanfaatan yang unik adalah untuk separator..

Dri-Fit

Bahan Dri-Fit memiliki karakter bahan yang cepat kering saat terkena cairan keringat, oleh karena itulah bahan ini dilabeli dengan Dri-Fit atau dryfit. Hal tersebut terjadi karena kain bahan ini memiliki pori yang menyababkannya menjadi lebih mudah menyerap keringat. Kandungan bahan polyester di dalamnya bervariasi tergantung kebutuhan dan kualitas, namun umumnya berada sekitar 35%-40%.Bahan Dri-Fit sangat ampuh dalam menyerap keringat dan menguapkannya karena memiliki pori-pori yang besar. Baha..

Hyget

Bahan kain hyget adalah salah satu jenis bahan kaos yang terbuat dari kombinasi antara polyester dan cotton. Jika dilihat dari sisi ketebalan kain, jenis kain ini tidak terlalu tebal, biasanya jenis hyget lebih tipis dibanding jenis bahan kaos lainnya dan jenis kain ini lebih murah dibanding jenis bahan kaos lainnya seperti combed, carded, bahkan bahan kaos PE. Harga yang murah dibanding jenis kain lainya menjadi kelebihan tersendiri kain ini. Kain hyget ini sering digunakan untuk pembuatan..

Double Hycon

Kain hycon merupakan kain yang terbuat dari campuran bahan polyester dan bahan sutera, sehingga mempunyai karakter kain yang permukaannya licin dan halus. Kain hycon masih satu rumpun dengan kain sifon dan ceruti, namun memiliki beberapa perbedaan. Biarpun memiliki ciri fisik yang mirip dengan kain sifon, namun kain hycon lebih tebal daripada kain sifon. Selain itu kain hycon lebih halus bila diraba.  Kain hycon banyak dimanfaatkan sebagai pembuatan jilbab karena sifatnya yang adem, se..

Baloteli

Kain Balotelli adalah sejenis kain yang bahannya cukup tebal dengan tekstur yang sangat khas. Motif atau jenis kainnya membentuk kotak-kotak kecil yang bergaris. Adapun ciri khas yang dimiliki oleh jenis kain ini menjadikannya amat mudah dikenal dan dibedakan dengan jenis kain lainnya.Bahan yang dipakai untuk membuat kain Balotelli sendiri tidaklah 100% dari serat katun alami. Berdasarkan fakta di lapangan, kain katun akan memiliki sensasi yang khas jika diraba. Sehingga, Balotelli dinyatakan be..