Mengenal Teknologi Printing Sublime

Mengenal Teknologi Printing Sublime

Bergelut di dunia jasa print kain sudah seharusnya kita melakukan beberapa terobosan -terobosan untuk bisa memajukan dunia printing kain. Salah satunya adalah dengan menghadirkan teknologi printing sublime. Printing sublime ini adalah salah satu teknologi yang sudah cukup lama hadir di Indonesia. Apabila melihat dari pada pengertinya adalah printing sublime merupakan salah satu proses transfer di dunia industry jasaprint kain yang dimana akan transfer gambar digital (hasil design) ke dalam media apapun termasuk kain.

Inovasi dalam proses Teknik sablon ini merupakan salah satu teknologi yang memberikan dampak positif kepada para  pembisnis jasa print kain bagaimana tidak , mereka akan di mudahkan dengan banyaknya kelebihan – kelebihan yang di berikan oleh teknologi ini. Mulai dari waktu pengerjaan yang lebih cepat , variasi warna yang lebih beragam sampai dengan hasil dari pada printing sublime di percaya lebih baik dari pada system sablon manual.

Setelah kita tahu apa itu printing sublime , selanjutnya kita kan bahas mengenai  apa saja yang perlu anda persiapkan apabila ingin mengadopsi teknologi ini ke dalam bisnis anda ? berikut adalah beberapa alat yang perlu anda siapkan .

1.      Printer Khusus

Hal pertama yang perlu di siapkan oleh anda para pembisnis jasa print kain adalah printer khusus. Maksud dari printer khusus adalah salah satu printer yang dimana di khususkan baik secara setup printer maupun teknologi printer yang bisa mendukung dari pada printing sublime ini karena tidak semua setup printer bisa support akan teknologi ini. Anda bisa memesan langsung printer khusus ini atau sekedar memodifikasi printer yang ada agar mampu mencetak keperluan printing sublime.

2.      Tinta Sublimasi

Selanjutnya adalah dengan menyiapkan tinta khusus sublimasi. Jenis tinta ini akan membantu mengakomodir hasil transfer dari design digital ke tranfer paper. Apabila anda tidak menggunakan jenis tinta sublimasi sudah di pastikan proses akan gagal. Hal itu karena sifat dari tinta ini yang akan menyerap kedalam kain ketika proses tranfernya.

3.      Software Raster Image Processor (RIP)

Mungkin banyak orang yang terjun di dunia jasa print kain sudah paham tentang 2 poin di atas , dan poin ke 3 ini adalah salah satu poin yang paling penting dari semuanya. Hal itu karena software Rip ini berfungsi sebagai otak dari pada proses printing sublimasi. Tugasnya adalah  mengelola gambar hasil rancangan dan mengaturnya ke atas kertas tranfer dan juga akan mengatur semprotan ke atas kertas.

4.      Media / Kertas  Transfer

Hal selanjutnya adalah media / Tranfer paper. Apabila anda sering melakukan cetak dokumen menggunakan kertas HVS , Tranfer paper ini hampir sama dengan kertas HVS hanya saja  lembaran yang ada pada kertas transfer berbeda dengan HVS , dia akan ada coating / lembaran plastic yang nantinya akan berfungsi sebagai media perantara dari tinta ke kain.

5.      Presser (Heatpress)

Hal terakhir yang harus di siapkan oleh anda para jasa print kain adalah menyiapkan presser atau lebih sering di kenal dengan nama heatpress alat ini nantinya akan di fungsikan sebagai setrika atau yang membantu menghantarkan dari tranfer paper ke  atas kain menggunakan media panas. Nantinya gambar yang sudah di print di atas kertas otomatis akan berpindah ke atas kain yang sudah kita siapkan.

Berikut di atas adalah sedikit pengenalan tentang teknologi printing sublime. Bagi anda yang baru terjun di dunia jasa print kain  atau yang sudah lama dan ingin mencoba mengadopsi teknologi ini anda bisa siapkan alat-alat yang sudah kami sampaikan di atas.