Jangan Keliru, Inilah Perbedaan Scarf dan Hijab

Daftar Isi

Saat membeli hijab seringkali kalah salah penyebutan antara scarf dan hijab. Padahal, sudah jelas produk ini berbeda saat digunakan, sekalipun kadang tampak sama. Untuk itu, supaya tidak salah beli lagi, simak perbedaan scarf dan hijab di sini.

Perbedaan Scarf dan Hijab

Ada beberapa aspek yang membedakannya, salah satunya dari ukuran. Akan tetapi, perbedaan scarf dan hijab lainnya juga bisa kamu cek di bawah ini ya.

1. Ukuran

Adapun untuk ukuran scarf cenderung lebih kecil dan sempit daripada hijab. Sebab, umumnya hanya berkisar 30 cm saja.  Sengaja dibuat lebih sempit supaya tidak terlalu lebar saat digunakan pada bagian leher.

Dengan begitu, penggunanya masih bebas untuk bergerak dan tidak terlalu ribet. Sementara itu, hijab dibuat dengan ukuran lebih lebar agar menutupi seluruh rambut kepala. Sekalipun kadang scarf juga digunakan untuk di kepala.

2. Bahan yang Digunakan

Scarf begitu identik dengan bahan-bahan yang mengkilap dan mudah jatuh. Ini sebenarnya untuk memudahkan penggunaannya sekaligus menekankan sisi estetikanya.

Sementara itu, hijab sendiri dibuat jauh lebih praktis, tidak kusut, dan tidak aneh saat digunakan pada bagian kepala.

Nah, untuk bahannya sendiri memang lebih bervariasi, seperti hijab dengan bahannya yang voal, ceruti, hingga babyterry. Lalu, untuk scarf bisa menggunakan voal, sutra, dan kain kaca.

3. Fungsinya

Fungsi scarf adalah untuk hiasan leher dan pemanis baju yang dikenakan. Sementara, hijab sendiri digunakan sebagai pelindung rambut dan kulit kepala, dimana sebagai bentuk ketaatan untuk menutup aurat. Untuk itulah, ukurannya dibuat lebih lebar.

Meskipun demikian, mungkin tidak sedikit juga scarf yang kamu temui juga berukuran lebih lebar. Namun, sebenarnya untuk hasilnya sendiri tidak serapi saat menggunakan hijab. Sebab, kadang masih memperlihatkan area poni dan bagian belakangnya.

4. Motif yang Digunakan

Perbedaan signifikan lainnya bisa kamu jumpai dari segi motif yang digunakan. Tentu saja, pastinya sudah tahu bukan kalau keduanya sama-sama mempunyai motif dan warna yang bervariasi, tetapi ternyata motif yang dipakai bisa lho menjadi pembeda antara hijab dan scarf.

Contohnya saja, pada scarf lebih identik dengan motif abstrak dan warnanya pun cenderung nabrak. Sedangkan, hijab menggunakan tone yang senada dan tidak terlalu banyak tabrakan warna. Sehingga, saat digunakan terkesan lebih bagus di kepala.

5. Fleksibilitas

Sisi fleksibilitas yang dimiliki oleh scarf memang lebih daripada hijab. Sebab, kamu bisa menerimanya dengan baik.

Untuk hijab sendiri dibuat tidak terlalu fleksibel lantaran lapisan lainya lebih tebal. Ini juga difungsikan agar rambut tidak mudah terlihat saat dikenakan.

Perlu kamu ketahui, scarf dan hijab sama-sama memerlukan cara perawan yang paripurna untuk menjaga kualitasnya, terutama menjaga serat kain supaya tidak terurai dan rusak dengan mudah. Jadi, dari segi perawatan tidak terdapat perbedaan scarf dan hijab.

Apabila tertarik untuk memulai bisnis hijab dan scarf, kamu mungkin bisa kreasikan dengan melakukan custom model hijab dan scarf tersebut agar terlihat lebih kekinian.

Kamu bisa menggunakan jasa printing iPrint yang mampu memberikan kualitas terbaik. Di sini, iPrint sudah menggunakan teknologi digital printing sublim terbaik lho, sehingga memungkinkan proses printing langsung dilakukan di atas permukaan kainnya.

Mencetak kain custom bersama iPrint akan menghasilkan produk dengan warna yang lebih cerah dan tajam sebab menggunakan teknologi cetak terbaik. Yuk, gunakan sekarang juga jasa iPrint.

Published On: 25/02/2023|By |2.5 min read|

Bagikan Artikel Ini.

Artikel Terkait