Inilah 4 Jenis Bahan Kain Printing Terpopuler

Inilah 4 Jenis Bahan Kain Printing Terpopuler

Belakangan ini, beberapa jenis bahan kain printing yang populer di pasaran diburu banyak orang. Hal ini dikarenakan penyematan desain pada produk tekstil kini menjadi tren di dunia percetakan.

Adapun sejumlah produk tekstil yang bisa dicetak desain printing antara lain kaus, hijab, syal, tote bag, sarung bantal dan lainnya. Tentunya, produk tekstil yang tersemat desain printing berkualitas memiliki harga yang lebih tinggi dan lebih dilirik konsumen.

Lantas, apa saja bahan kain yang bisa dicetak desain printing? Ya, Anda perlu mengetahui hal itu karena tidak semua bahan kain bisa dicetak desain printing. Jadi, simak artikel ini hingga tuntas ya!



Jenis-jenis Bahan Kain Printing Terpopuler

Di pasaran, ada sedikitnya empat jenis bahan kain printing yang populer dan diburu banyak orang untuk pembuatan produk tekstil berkualitas. Antara lain sebagai berikut:

1. Kain Katun

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kain katun. Ya, jenis kain ini banyak dijual di pasaran karena dapat dijadikan bahan untuk pembuatan produk tekstil berkualitas. Seperti, kaos, celana, dress hingga masker.

Kain katun memiliki tekstur yang halus, kuat dan tahan lama serta nyaman dikenakan sehari-hari. Di samping itu, jenis kain ini bisa dicetak desain atau motif printing yang ciamik. Proses printing pada kain katun bisa menggunakan mesin digital printing jenis DTG dan sublime.

2. Kain Polyester

Jenis kain yang bisa dicetak desain printing terpopuler berikutnya yakni polyester. Kain polyester adalah jenis kain sintetis yang terbuat dari bahan petroleum.

Kain polyester memiliki karakter yang kuat dan tahan lama, tahan air, tidak gampang berkerut dan dapat menahan panas. Jenis kain ini sering kali dijadikan bahan pembuatan kaos jersey, baik jersey sepak bola, voli, bulutangkis, sepeda dan lainnya. Kaos jersey yang tidak bisa lepas dari motif printing memang sangat cocok menggunakan kain polyester.

3. Kain Sutera

Kain sutera adalah salah satu jenis kain yang memiliki nilai tinggi. Tidak heran jika selama ini kain sutera disebut kain premium.

Berbagai produk pakaian bisa dibuat dari kain sutera. Tentunya, produk pakaian yang terbuat dari kain sutera terlihat istimewa dan elegan. Produk pakaian berbahan sutera pun bisa dicetak desain atau motif printing yang ciamik.

Selain tampilannya yang istimewa dan elegan, produk pakaian yang terbuat dari kain sutera memiliki kelebihan tahan lama, awet dan sejuk serta nyaman saat dikenakan. Anda bisa tampil modis dengan produk pakaian bermotif printing dari bahan kain sutera.

4. Kain Maxmara

Kaum wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kain maxmara. Ya, jenis kain ini hingga sekarang dijadikan bahan pembuatan hijab, syal dan jenis busana muslimah lainnya.

Kain maxmara memiliki kelebihan berupa tampilannya yang elegan karena terdapat efek mengkilap. Selain itu, kain ini memiliki tekstur yang halus dan sejuk saat dikenakan. mirip dengan kain satin.

Nah, pembuatan hijab maxmara akan lebih menarik lagi kalau disematkan desain atau motif printing. Seperti motif bunga, geometri, dedaunan, abstrak dan lainnya.

Itulah empat jenis bahan kain printing yang populer di pasaran dan banyak diburu orang. Setiap jenis kain memiliki karakter dan kelebihan masing-masing. Karenanya, pemilihan kain printing harus disesuaikan dengan produk tekstil apa yang hendak Anda buat.

Setelah mengetahui macam-macam kain printing yang populer, ada baiknya kamu juga mengetahui CARA CETAK DIGITAL PRINTING guna melengkapi pengetahuanmu untuk memaksimalkan hasil printing nantinya.

Untuk Anda yang ingin membuat kain custom dapat pula menghubungi iPrint.id karena kami menyediakan jasa printing kain untuk berbagai produk tekstil. Anda bisa menggunakan jasa iPrint untuk mencetak desain atau motif printing yang ciamik secara custom. 

ARTIKEL TERKAIT