5 Jenis Bahan Kain Terbaik untuk Bikin Tas Tote Bag

5 Jenis Bahan Kain Terbaik untuk Bikin Tas Tote Bag

Tote bag atau tas jinjing ini biasa digunakan untuk membawa barang-barang pribadi Anda, tote bag ini memiliki fungsi yang sama seperti kantong plastik pada umumnya, namun tote bag ini bisa dibilang kantong versi tinggi atau versi premiumnya dari kantong plastik.

Hal ini disebabkan karena kita tidak akan diberikan tote bag secara gratis apabila belanja di warung, pasar, atau mini market. Tote bag biasanya dapat kamu beli di mall atau super market dan itu pun dijual terpisah yang artinya harus kamu beli sendiri.

Selain itu, saat ini sedang ramai-ramainya menggunakan tote bag sebagai kantong belanja yang wajib di bawa, karena sesuai dengan program pemerintah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan diganti menggunakan tote bag atau tas kain.

Oleh karena itu saat ini banyak orang yang ingin berbisnis membuat tote bag atau bahkan ingin membuat tote bag custom print untuk Anda gunakan sendiri. iPrint tentu dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk membuat tote bag custom sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut ini beberapa jenis bahan kain yang dapat digunakan untuk membuat tote bag yang berkualitas dan awet.

1. Kain Spunbond

Jenis kain spunbond terbuat dari serat panjang dan diolah dengan menggunakan campuran dari bahan zat kimia dan dicampurkan dengan cat pelarut yang dipanaskan. Kain jenis spunbond ini paling banyak digunakan untuk membuat tote bag atau tas jinjing karena harganya yang murah dan kualitasnya juga sangat baik.

2. Kain Blacu

Jenis kain blacu terbuat dari kain mori yang belum diolah dan biasanya akan berwarna putih gading atau keabu-abuan. Bahan dasar kain blacu ini yaitu kapas sehingga sangat fleksibel tidak seperti bahan kanvas yang keras. Kain blacu ini memiliki tekstur yang lebih tipis dibandingkan bahan spunbond tetapi sangat kuat dan harganya juga sangat murah.

3. Kain Kanvas

Jenis kain kanvas terbuat dari kain mori yang sudah diolah dan biasanya akan berwarna putih. Memiliki tekstur yang tebal dan tidak kaku apabila dibandingkan dengan bahan kain blacu. Kain kanvas ini menjadi rekomendasi terbaik untuk membuat tote bag printing karena sangat kuat dan awet.

4. Kain Baby Kanvas

Jenis kain baby kanvas ini satu tingkat di atas kain blacu, karakteristiknya sama seperti bahan kanvas. Namun, perbedaanya antara kain kanvas dan baby kanvas ini terletak pada teksturnya yaitu bahan baby kanvas lebih lentur atau lebih fleksibel dibandingkan dengan bahan kanvas. Nah, yang mau print tote bag sendiri bisa coba gunakan kain baby kanvas ini.

5. Kain Drill

Jenis kain drill memiliki serat dengan garis-garis yang miring atau nge-drill. Jenis kain drill ini umumnya merupakan bahan campuran antara kain cotton dan polyester. Semakin banyak kadar kain cottonnya maka akan semakin mahal harganya. Tote bag yang menggunakan bahan kain drill ini tidak akan mudah kusut dan warnanya juga tidak mudah pudar, jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin tas tote bag print nya awet dan tahan lama.

ARTIKEL TERKAIT