Mukena

Custom Mukena Printing

Bagi yang beragama Islam, kata mukena memang sudah tidak asing lagi di telinga. Pasalnya, mukena adalah pakaian yang dikenakan wanita muslimah untuk menunaikan salat. Meski Cuma ada di Indonesia dan rumpun Melayu lainnya, mukena sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi para muslimah untuk beribadah.

Karena hal itu lah yang membuat mukena menjadi salah satu jenis produk yang banyak dicari. Bahkan saat ini, mukena juga memiliki berbagai macam model dan warna yang semakin beragam. Ini lah yang menjadikan penjualan mukena di pasaran selalu melonjak, apalagi saat mendekati hari raya umat Islam.

Jenis-jenis Mukena Printing

Meski menjadi salah satu kebutuhan untuk beribadah bagi kaum hawa, namun mukena memiliki berbagai jenis hingga model yang ditawarkan. Jenis-jenis mukena biasanya dibuat berdasarkan bentuknya. Berikut 3 jenis mukena yang bisa Anda temui:

1. Mukena terusan.

Mukena jenis ini sudah ada sejak Islam pertama kali masuk di Indonesia. Bentuknya yang terusan menjadi alasan mengapa mukena jenis ini sangat sederhana.

Karena, mukena ini mampu menutup seluruh anggota tubuh, hanya saja terdapat lubang untuk wajah, telapak tangan, dan lubang besar di bagian bawah untuk memakai dan melepas mukena. Mukena terusan juga biasanya memiliki warna putih.

2. Mukena atasan dan bawahan.

Salah satu jenis mukena yang banyak diminati oleh kaum hawa di segala kalangan. Pasalnya, mukena jenis ini memiliki desain yang menarik dan bisa disesuaikan dengan perkembangan mode.

Bagian atasan mukena memiliki bentuk yang menyerupai jilbab besar dengan hiasan yang berada di kepala, khususnya pada lingkaran wajah. Selain itu, pada sisi kanan dan kiri juga dilengkapi dengan tali atau karet sebagai pengait bagian wajah.

Sementara bagian bawahan biasanya terlihat seperti rok panjang dengan karet di bagian pinggang. Sedangkan di ujung bawah, biasanya terdapat hiasan melingkar untuk memperindah model.

3. Abaya.

Abaya merupakan jenis mukena yang memiliki bentuk seperti baju dengan ukuran besar dan longgar. Biasanya mukena jenis ini memiliki lengan baju dan rok yang lebar dan panjang.

Banyak kaum hawa yang menggunakan mukena jenis ini dengan menambahkan kaos kaki atau penutup tangan untuk melakukan ibadah.

Bahan Kain untuk Mukena Printing

Meski digunakan untuk beribadah, namun pemilihan bahan yang tepat akan membuat penggunanya nyaman dan khusyu saat melakukan ibadah. Seperti beberapa bahan di bawah ini:

1. Spandek.

Mukena dengan bahan spandek menjadi pilihan bahan yang nyaman dan mudah diatur untuk dipakai sehari-hari. Meskipun bahan ini lebih susah menyerap keringat, namun mukena ini memiliki bahan yang adem dan lembut. Bahannya yang jatuh juga membuat jenis kain ini tampak eksklusif.

2. Katun Jepang.

Bahan ini sangat nyaman digunakan karena memiliki daya serap keringat yang baik dan adem saat digunakan. Bahkan, kain jenis ini juga tidak mudah luntur meski dicuci berkali-kali.

3. Katun Silk.

Bahan jenis ini cocok digunakan sebagai mukena karena nyaman dan adem saat digunakan. Selain itu, bahan ini juga memiliki kesan mewah karena efek kilauan pada permukaan kain yang tampak elegan.

4. Rayon.

Jika kamu mencari mukena katun yang paling adem, kamu bisa jatuhkan pilihan pada mukena bahan katun rayon. Namun bahan ini memiliki kekurangan yaitu bahan yang mudah lecek karena memiliki tekstur yang terlalu lembut.

5. Parasut.

Mukena yang menggunakan bahan parasut dikenal dengan tekstur kain yang ringan, tipis, dan mampu menahan udara. Dengan tekstur bahan yang mudah dilipat, mukena ini cocok digunakan saat travelling.

Jasa Membuat Mukena Printing

Jika Anda ingin beribadah dengan nyaman namun tetap modis, salah satu solusinya adalah dengan membuat mukena custom sendiri. Anda bisa membuat desain dan memilih kain sendiri di iPrint. Kenapa harus iPrint? Karena iPrint merupakan bidang jasa printing yang mampu mencetak produk dengan kain serat alami dan desain.

Jadi, melalui iPrint Anda bisa membuat mukena dengan desain dan kain yang sesuai dengan impianmu. Bahkan, iPrint juga menggunakan mesin import modern dan tinta asli Epson Sublimation yang aman dan nyaman untuk kulit anak-anak maupun dewasa.

Lihat Juga

Ide Produk Lainnya

  • Mukena

    Mukena

  • Hijab

    Hijab

  • Kulot

    Kulot